ULAMA TOLAK PEMBANGUNAN AQUA

Agustus 7, 2008 at 5:59 am (Uncategorized)

Salam,

Rekan-rekan berikut berita terkini tentang pembangunan

Aqua di Radar Banten.Semoga Bupati Serang Taufik Nuriman

diberikan petunjuk dan sadar akan kerusakan lingkungan jika Aqua nantinya dibangun.

ULAMA TOLAK PEMBANGUNAN AQUA

SERANG – Sejumlah ulama di Kecamatan Padarincang meminta Bupati Serang Taufik Nuriman segera mencabut izin lokasi pembangunan pabrik aqua di Desa Curug Goong, Kecamatan Padarincang, karena dinilai meresahkan warga.

Kepada Radar Banten, Kamis (17/7), Wakil Ketua Humas Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Padarincang KH Juher menegaskan, pembangunan pabrik aqua akan mengancam ketersediaan air di masa yang akan datang. “Untuk itu, kami ulama di Padarincang sepakat agar Bupati segera mencabut izin lokasi pabrik aqua karena sudah jelas meresahkan warga,” kata Juher.

Menurut Juher, penolakan ulama terhadap pembangunan pabrik tersebut bukan berarti anti pembangunan. “Penolakan ini jangan disalahartikan sebagai bentuk penolakan terhadap pembangunan. Akan tetapi ini merupakan bentuk tanggungjawab kami untuk melindungi daerah dari kelangkaan air,” kata Juher.
Saat ini, kata Juher, ulama dan masyarakat masih resah meskipun aktivitas pembangunan sudah dihentikan sementara. “Selama izin lokasi belum dicabut, maka kami belum tenang karena bisa saja sewaktu-waktu perusahaan melakukan pembangunan secara diam-diam,” ujarnya.

Thoif, ulama lainnya, mengungkapkan hal yang sama. Menurut dia, pembangunan pabrik aqua jelas akan berdampak pada ketersediaan air di masa yang akan datang. “Setahun mungkin tidak akan terlihat tapi beberapa tahun kemudian pasti akan terlihat, ini yang tidak kami inginkan,” ujarnya.

Abdul Basit, tokoh masyarakat setempat menuturkan, kesepakatan ulama untuk menolak pembangunan pabrik aqua merupakan bentuk kepedulian ulama terhadap masa depan di Padarincang.

“Mereka bukan anti pembangunan seperti yang disinyalir banyak kalangan. Akan tetapi, sikap ini sebagai bentuk moral terhadap nasib air di masa yang akan datang,” ungkap Basit.

Menurut Basit, masih banyak jenis pembangunan lain yang tidak mengancam ketersediaan air di Padarincang. “Yang jelas kami akan tetap menolak keberadaan pabrik aqua,” ujarnya. (karnoto)

Bupati Serang Bingung

SERANG – Bupati Serang Taufik Nuriman tampak bingung menghadapi permasalahan tuntutan warga agar izin lokasi pembangunan pabrik aqua di Desa Curug Goong, Kecamatan Padarincang, dicabut karena dinilai meresahkan warga.
Kepada Radar Banten usai salat Jumat, Taufik menuturkan, dirinya tidak bisa menentukan keputusan pencabutan izin lokasi pembangunan pabrik aqua dalam waktu dekat ini. “Sekarang kita masih memetakan inti persoalan pembangunan pabrik aqua,” kata Taufik, Jumat (18/7).
Dikatakan Taufik, pro kontra soal kelanjutan pembangunan pabrik aqua sampai saat ini masih terjadi di tengah masyarakat. “Makanya saya sedang menunggu dan mempelajari masalah ini dengan teliti supaya keputusan yang diambil tepat,” ujarnya.
Sementara itu, pantauan Radar Banten di Kecamatan Padarincang, sejumlah spanduk yang berisi penolakan terhadap pembangunan pabrik aqua mulai marak dipasang warga. Di antara spanduk berisi tulisan warga Padarincang menolak pembangunan pabrik aqua tampak di Desa Padarincang.
Kain putih berukuran 6 meter ini sengaja dibentangkan warga di tengah jalan utama Padarincang. Bahkan tak hanya itu, warga pun memasang pamflet yang berisi penolakan terhadap pembangunan pabrik aqua.
Sebelumnya diberitakan, sejumlah ulama di Kecamatan Padarincang meminta Bupati Serang Taufik Nuriman segera mencabut izin lokasi pembangunan pabrik aqua di Desa Curug Goong, Kecamatan Padarincang, karena dinilai meresahkan warga.
Wakil Ketua Humas Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Padarincang KH Juher menegaskan, pembangunan pabrik aqua akan mengancam ketersediaan air di masa yang akan datang. “Untuk itu, kami ulama di Padarincang sepakat agar Bupati segera mencabut izin lokasi pabrik aqua karena sudah jelas meresahkan warga,” kata Juher. (kar)

Sumber:

Radar Banten Edisi Jum’at/18 Juli 2008

KAMI YANG MENOLAK:

MUI PADARINCANG,  FORUM ULAMA TAMBIUL UMAH, LPM PADARINCANG, FORUM UMAT BERSATU, MASYARAKAT PETANI BANTEN, FORUM LINTAS BARAT, HIMPUNAN MAHASISWA PALIMA CINANGKA (HIMPALKA), HIMPUNAN MAHASISWA SERANG (HAMAS), MAPALA UNTIRTA (MAPALAUT), BEM UNTIRTA, FORUM KOMUNIKASI KEPALA DESA

UPDATE:

IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH, LEMBAGA PERS SIGMA IAIN BANTEN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: