REUNI RUMAH DUNIA DAN PELUNCURAN RUMAH TUKI

Agustus 7, 2008 at 5:34 pm (Artikel)

Oleh Aji Setiakarya

Rencana reuni bagi para alumni kelas menulis Rumah Dunia (RD) akan terealisasi juga. Setelah hampir dua kali diundur, akhirnya kami menetapkan 9-10 Agustus 2008 sebagai waktu yang tepat. Sejauh ini kelas RD sudah membuka kelas menulis sebanyak 11 kali. Masing-masing angkatan diberikan pelatihan 3-5 bulan. Terdiri dari pelatihan jurnalistik, sastra. Pada 1- 7 angkatan diberikan pelatihan skenario film. Namun pada angkatan delapan, mereka pelatihan skenario film diberikan kepada mereka yang sudah lulus dalam pelatihan jurnalistik dan sastra.

Reuni kelas menulis RD ini dikelola oleh kelas menulis angkatan sebelas. Saya sendiri hanya memfasilitasi saja. Gading Tirta ketua pelaksana yang juga sekretaris angkatan ke 11 mengungkapkan reuni ini sebagai ajang untuk silaturrahmi bagi para lulusan kelas menulis Rumah Dunia. Sejauh ini para alumni kelas menulis RD sudah berkiprah di beberapa media massa baik cetak maupun elektronik. Di Koran Radar Banten misalnya ada Qizink La Aziva (angkatan pertama) dan Duha angkatan ke lima dan Zee Ahmadi (angkatan menulis sembila). Sementara Di Kaibon ada Langlang Rhandawa, Vie, RG Kedung Kaban dan Muhzen Den, Rimba Alang-alang. Untuk Kaibon selain mereka banyak lagi anak kelas menulis yang menjadi kontributor. Majalah dua mingguan ini bisa dimanfaatkan untuk simulasi anak-anak KM RD. Selain di dunia cetak alumni KM juga ada yang berkiprah di dunia broadcast. Desty (KM IV) misalnya menjadi announcer di Dimensi FM sementara saya sendiri (KM III) aktif di stasiun televisi lokal Banten TV. Banyak lagi yang menjadi freelance pada beberapa media. Selain itu ada yang memang sudah menjadi penulis terkenal sebutlah Endang Rukmana yang sudah menerbitkan lima buku. Tapi jangan salah, diantara alumni tidak semuanya menjadi penulis. Beberapa hanya menjadi aktivis literasi dan menjadi guru yang aktif mengikuti dunia sastra dan jurnalistik bahkan hanya menjadi ibu rumahtangga saja.

Nah, dibalik keberagaman kiprah mereka itulah relawan RD mengundang mereka bercandaria mengenang masa lalunya. Pasti mereka memiliki kenangan yang bermacam-macam tentang RD. Lucu, sebal dan lain-lain. Ide ini sebenarnya muncul dari kawan-kawan alumni juga yang kami respon. Reuni ini bermaksud untuk mendekatkan tali silaturrahmi yang lebih akrab lagi. “Dan semoga menjadi penyemangat untuk terus berkiprah menulis,” ungkap Firman Venayaksa yang kini menjabat sebagai presiden RD.

LAUNCHING RUMAH TUKI

Dan yang menariknya lagi adalah reuni RD ini akan dimeriahkan dengan kegiatan peluncuran komunitas baca ditempat acara yang kami pakai. Adalah Rumah Tuki, bakal nama taman bacaan yang disediakan oleh anak-anak di daerah Jembangan Anyer Serang ini. Sebetulnya TBM ini sudah aktif semenjak tiga bulan yang lalu. Oleh pemiliknya, Iyut Suharta, warga Jakarta yang peduli dengan daerah sekitar, TBM belum. Kami memberikan masukan untuk memberi namanya kepada TBM itu agar memiliki semangat. Muncullah nama RUMAH TUKI. RUMAH TUKI berarti rumah untuk anak kuya. Sang pemilik sepertinya mencintai tuki. Menurut salah satu pengelolanya, Susanti nama Rumah Tuki diambil karena kesukaan keluarganya memelihara dan membudidayakan Tuki. Peluncuran akan berlangsung Minggu (10/8) pagi pukul 09.00. Beragam kegiatan akan mengisi peluncuran ini. Diantaranya adalah pentas dari anak-anak Jembangan yang sudah belajar angklung. Menurut pencetusnya, Iyut Suharta, perpustakaan ini disediakan agar anak-anak setempat bisa mengenal dunia luar. Seperti halnya semangat kami di Rumah Dunia Rumah Tuki ini ingin menjadi bagian untuk mencerdaskan Anyer khususnya dan Banten umumnya. Bagi anda penggiat literasi, pejabat atau hanya sekedar penikmat aksi anak-anak dan peduli terhadap dunia literasi datanglah bersama kami dalam acara ini. Terimakasih. Berbuat  dari yang kecil mengubah bangsa (aji setiakarya, relawan rumah dunia  kini bekerja di bantentv)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: