SEMARAK TAMAN BACAAN TBM BAITUL HAMDI

April 15, 2008 at 4:21 pm (REPORTASE)

Oleh Aji  Setiakarya

 

Minggu (22/3) pagi,  halaman Taman Bacaan Baitul Hamdi yang terletak di Kampung Nanggorak di JL Labuan Pandeglang riuh dipadati oleh anak-anak TK dan SD yang datang dari berbagai wilayah yang ada di Pandeglang. Anak-anak TK itu ditemani oleh ibunya yang menenentang alas gambar. Wajah mereka tampak antusias dan bersemangat. Kegembiraan dan keluguan tampak terlukis di wajah anak-anak ini. Ya,  anak-anak usia dini itu telah mengikuti lomba mewarnai yang digelar oleh Yayasan Baitul Hamdi, Pandeglang dalam rangka Semarak Taman Bacaan Baitul Hamdil (TBM BAHA) “Tidak kurang dari 300 anak ikut serta dalam lomba ini,” ungkap Dian yang diamanahi sebagai koordinator lomba mewarnai  anak ini. 300 anak itu memadati Wisma BAHA yang dijadikan tepat lomba.

 

Sementara untuk anak-anak SD, TBM BAHA menggelar lomba menggambar.  “Pesertanya sekiar 40 orang. Kalau kita ngadain lomba untuk mereka memang  responnya cukup baik baik dari anak-anak maupun gurup dan oranguanya,” tambah Dian. 

 

Yang tak kalah menarik dari acara semarak TBM  ini adalah lomba membaca cerita rakyat untuk anak-anak SD. Lomba ini diikuti oleh 20 peserta dari  enam SD yang ada di Pandeglang. Dengan kepercayaan diri yang tinggi anak-anak SD itu beraksi di depan Dewan Juri; Aji Setiakarya dari Rumah Dunia dan Suparlan dari Pepustakaan Daerah. Penampilan mereka di atas panggung  lucu sehingga mengundang tawa para penonton yang menjadi suporter para peserta ini.

 

Selain menggelar acara untuk anak di Menes,  BAHA juga mengadakan lomba pembuatan majalah dinding untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Se- Pandeglang. Sebelas kelompok beradu kreativitas dalam ajang lomba yang baru pertama kali digelar oleh  Baitul Hamdi ini.  “Saya aktif di majalah dinding saya merasa tertantang dengan lomba ini,’ kata Miahul Hakim, koordinator majalah dinding SMA 4 Pandeglang. Menurut Miftah acara-acara yang berhubungan dengan majalah dinding di Pandeglang masih minim sekali. Karena itu menurutnya lomba majalah sangat positif bagi anak-anak pelajar di SMA di Pandeglang.

 

Untuk para guru, BAHA mendatangkan Hernowo, penulis buku-buku Best Seller untuk memberikan  motivasi dalam hal menulis. Acara ini dikemas dengan  seminar yang berjudul Meningkatkan Kecerdasan Majemuk  yang bertempat di Aula  Djuariyah BAHA. Selain Hernowo pada seminar ini juga hadir penulis muda berbakat  Fatih Beeman, orok  Menes yang kuliah di Universitas Padjadjaran Bandung. Seminar ini juga dihadiri oleh Sekreataris Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Banten.

 

Baitul Hamdi pagi itu memang menjadi pusat kreativitas tidak hanya untuk anak-anak tetapi untuk semua umur. Menurut Ketua Pelaksana Ogi Irawan acara ini merupakan acara yang bertujuan untuk menumbuhkan dan meramaikan minat literasi di Pandeglang. Dengan acara ini diharapkan masyarakat lebih terbuka. Selain menggelar berbagai lomba dan seminar, acara yang dimulai dari Jam 07.30 itu juga mengadakan nonton film bareng; Inside Mecca. Pelaksana harian M. Adi, MH mengungkapkan acara-acara yang digelar oleh Baitul Hamdi dalam bingkai meningkatkan kreativitas guru, menumbuhkan potensi masyarakat dalam literasi dengan mengoptimalkan TBM BAHA.

 

 

Eneng Nurcahyati, sang CEO BAHA ikut angkat bicara. Menurut wanita asli Menes mengungkapkan even-even yang digelar di Baitul Hamdi adalah untuk memberikan inspirasi masyarakat. Misalnya saja diskusi buku dengan mendatangkan Hernowo. “Bagi guru-guru di Pandeglang ini sangat jarang sekali. Lihat saja pesertanya,” ungkap Eneng. Eneng yang juga kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal  Daerah Banten itu memang betul. Seminar ini diikuti oleh lebih dari seratus lima puluh guru yang datang dari Pandeglang Kota dan peloksok desa.  

Iklan

3 Komentar

  1. Puada said,

    Salam
    Salam, Selamat ya atas dibukanya forum unjuk pendapat yang positif,cerdas dan kreatif. Saya menghaturkan selamat dan semoga sukses serta berkembang terus.
    saya mempunyai komunitas pendidikan mulai dari TK sampai SMA pengen join dengan pemilik usaha taman bacaan mungkin saya bisa dibantu
    trims

  2. setiakarya said,

    Terimakasih mas Puada. Maaf baru saya aprove,,, biasa lagi malas..

    Salam
    Aji

  3. lery rizki ananda said,

    sukses trus bwt baitul hamdi……
    mju trus ke dpan, dan jngan lpa ucapkan….
    (allahuakbar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: